Pokok kata
senam dari Yunani dengan kata Gymnos. Dalam
bahasa Belanda Gymastiek, sedangkan Gymnastic dalam bahasa
Inggris. Jadi senam adalah terjemahan dari kata Gymastiek/
Gymnastic. Gymnos berarti telanjang. Gymnastic pada jaman kuno
memang dilakukan dengan badan telanjang atau setengah telanjang
dengan maksud agar gerakan dapat dilakukan dengan sempurna. Gymnasion/Gymnasium
berarti rungan tertutup tempat berlatih/ bertanding dengan badan
telanjang atau setengah telanjang, sedangkan pesenam disebut dengan Gymnast. Saat
sekarang ini senam tidak lagi dilakukan dengan telanjang,
namun telah diciptakan pakaian khusus baik untuk pesenam putra dan
pesenam putri dan dapat dilakukan di luar ruangan dan di dalam ruangan.
sumber: http://hetroertzen.com |
Tokoh-Tokoh Senam
NO
|
NAMA
TOKOH
|
PERAN
DALAM PERKEMBANGAN SENAM
|
1
|
Johan Cristoyen Friedrich
Basedow (1776)
|
memasukkan senam sebagai bagian
dari pada tugas
kedalam sekolah-sekolah di eropa. Beliau adalah penulis Senam yang pertama dan sebagai guru senam, yang memberi latihan-latihan menurut suasana yang teratur. Kegiatan-kegiatan jasmani yang terpimpin dan teratur dipandangnya sebagai suatu alat pendidikan yang baik untuk mengembangkan jasmani dan rohani |
2
|
Johan Bernhard Gutsmuths
|
menciptakan senam sekolah secara
sistematis dengan dasar-dasar Paedagogisch. Menciptakan permainan senam dengan tujuan kesenangan dan
kegembiraan jiwa sebagai lawan dari permainan yang mengejar kemenangan.
Menerbitkan buku berjudul “ Gymnastic fur Die Jugend” (1793)
|
3
|
Gerhadr
Ubrich Anton Vieth
|
Membagi macam-macam latihan,
yaitu : 1). Latihan pasif, untuk menempa dan memantapkan organ tubuh,
misalnya : duduk, berbaring, mengayunkan anggota tubuh. 2) Latihan aktif,
untuk menguatkan, kelentukan dan kreativitas serta skill, misalnya :
berjalan, memanjat, melompat, melompat pada perkakas. Penggagas palang
sejajar pada senam yang secara resmi menjadi apparatus senam.
|
4
|
Johann Heinrich Pestalozzi
|
pencipta latihan-latihan bebas/
senam elementair (senam lantai) berdasarkan gerak persendian persendian tubuh
dan senam calisthenics (senam pembentukan). Mengembangkan olahraga pendidikan
dan khususnya untuk senam di Jerman maupun Negara lainnya.
|
5
|
Adolf Spiess |
Bapak senam ala Jerman latihan
bebas dengan kemungkinan gerak seluas-luasnya. Menemukan gerakan kip-up giant
swing fly away, dan sikap kaki yang lurus.
|
6
|
Johan Friedrich Simon dan
Friedrich Ludwig Jahn
|
Friedrich Ludwig Jahn lahir di
Berlin Jerman Barat pada tahun 1774, ayahnya adalah Johan Friedrich
Simon seorang pendeta yang juga berprofesi sebagai pendidik dan
berhasil menciptakan latihan untuk alat (tangga), tali panjat dan
sebagainya, Simon yang membangun senam alat kemudian diteruskan
oleh putranya F.L Jahn. Mendirikan organisasi yang diberi nama yang
beranggotakan para guru, orang dewasa dan para pemuda di Jerman dengan motto perjuangan :4F (fresh = riang; Frie = merdeka; Frechlich = cakap; Fromm = jujur). Semenjak itu Istilah gymnastik dirobah menjadi yang selanjutnya dikenal dengan istilah Turnen (alat). |
7
|
Pehr Hendrik Ling dan Hjilmar |
Mempermudah gerakan-gerakan senam
yang disesuaikan dengan ilmu Anatomi dan Physiologi. Menciptakan
suatu perkakas yang dipergunakan untuk melaksanakan gerakan-gerakan senam, misalnya memanjat, melompat, melompat
dengan kuda-kuda (voulting), angkat besi, angkat beban, latihan
keseimbangan,
dan semua gerakan ini harus dimulai dengan memakai aba-aba. Menciptakan
perkakas seperti palang tunggal, balok keseimbangan, kuda-kuda
berpelana, tangga swedia, bangku Swedia dan riba, ini biasa
disebut perkakas senam Swedia, perkakas tersebut masih dilengkapi
dengan ; tali serong, tali tegak lurus, tali panjat dan kuda-kuda. Selanjudnya Hjilmar Ling (anak P.H Ling)
menciptakan
palang tunggal, beliau mengembangkan system ayahnya.
|
8
|
Amoros
|
menggunakan perkakas trapeze,
gelang-gelang, tali berbuku papan serong, alat pengukur kekuatan
fisik.
|
9
|
Frans Nachtegall |
Pemakaian matras untuk lompat
kuda-kuda
yang pertama kali |
10
|
Gaulhobfer dan Margareta
Streicher
|
Menyusun suatu system olahraga pendidikan, yang sampi sekarang dikenal dengan
system Austria berfikir sangat dipengaruhi
oleh aliran modern dalam bidang ilmu jiwa, ilmu mendidik
dan ilmu biologi. Pandangan modern terhadap latihan jasmani ditinjau dari segi pengetahuan: biologi physiologis,
morpologis,
media, dari sudut sejarah sosial dan budaya semuanya
diperhatikan
serta diolah dengan seksama dalam menyusun sistem tersebut.
|
11
|
Kapten P. Eenhoom dibantu oleh
Letnan C.Giebel dan
Letnan Reinolse sebagai instruktur.
|
Mendirikan sekolah senam
kemiliteran. Melaksanakan senam system Swedia, dibangun Aula Senam (Gymnasium) yang dilengkapi dengan perkakas Senam berupa : matras, box (Kuda-kuda,
kambing-kambingan, kuda berpelana, palang tunggal,
rings, balok keseimbangan, jenjang, bangku Swedia, palang
sejajar dan tali untuk latihan berayun, disamping itu juga dilengkapi alat senam misalnya: gada, simpai, halter, tongkat 1
meter, dempel dan sebagainya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar